Laporan kunjungan ke Penerbit Mizan
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Kunjungan
sebagai suatu
jurusan yang berlandaskan Komunikasi dan Dakwah, diharapkan semua lulusan KPI
(Komunikasi Penyiaran Islam) mampu memberikan kontribusi khususnya dalam ranah
KPI yang kedua yaitu Kitabah. Dengan demikian, kami para mahasiswa Komunikasi
Penyiaran Islam setidaknya di tuntut untuk banyak menghasilkan suatu karya yang
dapat bersaing dengan pasar industri percetakan atau penerbit.
Maka untuk
membantu kami dalam mencari bagaimana gambaran di suatu penerbit itu dari mulai
penerimaan buku, kemudian di seleksi, selanjutnya di cetak dan di distribusikan
kami mengunjungi salah satu penerbit yang cukup terkenal dengan beberapa karya
nya yaitu PT. MIzan Pustaka. Dengan mengunjungi
PT. Mizan Pustaka di harapkan akan membantu dalam mencari gambaran utuh terkait
dengan industri penerbitan.
Dalam tugas
kunjungan yang di berikan oleh mata kuliah Jurnalisme Dakwah ini. Diharapkan
dapat menjelaskan bagaimana keadaan penerbit itu, dari mulai editor sampai
kepada pendistribusian. Maka dengan ini saya harapkan penyajian pembahasan
selanjutnya dapat sesuai dengan apa yang di harapkan.
B.
Tujuan Kunjungan
1.
Memberikan
kesempatan kepada para mahasiswa dan mahasiswi untuk dapat mengetahui keadaan
penerbit.
2.
Memperluas
pengetahuan tentang tata cara menulis yang baik dan benar.
3.
Mempeluas
relasi dengan pihak di luar kampus.
Adapun tujuan dibuatnya laporan ini,
untuk memenuhi salah satu tugas akhir mata kuiiah Jurnalisme Dakwah, serta
sebagai suatu bukti bahwa saya telah mengunjungi salah satu penerbit PT. MIzan
Pustaka ini.
BAB II
HASIL KUNJUNGAN
A.
Waktu Pelaksanaan
Waktu
pelaksanaan kunjungan yang kami lakukan ke PT. Mizan Pustaka yang betempat di
Jl. Cinambo No. 135, Cisaranten Wetan, Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat.
Kemudian waktu kunjungan ini bertepatan pada hari kamis, tanggal 14 Desember
2017 Pukul 10:00 WIB pagi sampai dengan selesai.
B.
Hasil Kunjungan
1.
Profil
dan Sejarah PT. Mizan Pustaka
Mizan Pustaka merupakan bagian dari
Mizan Publika Group, salah satu penerbitan terbesar di Indonesia. Awal
kemunculannya Mizan hanya menerbitkan karya para pemikir terkemuka, namun
sekarang Mizan sudah mulai bermetamorfosa menjadi sebuah penerbit yang berbasis
luas dengan menerbitkan beberapa genre tuilisan seperti fiksi, kesehatan, buku
bisnis, buku anak – anak, referensi, agama dan non-fiksi popular.
Mizan Pustaka memilki reputasi dalam
keunggulan kulaitas produk serta komitmen pada pelayanannya. Dengan keahlian
editorial dan standar desain yang cukup tinggi membuat hasil terbitan buku Mizan ini menjadi suatu yang berharga
dan terbaik. Berbagai buku telah di terbitkan secara teratur dan memenangkan
pengahargaan dari Assosiasi Penerbit Buku Indonesia. Kemudian banyaknya penuiis
dari Mizan yang menempatkan Mizan pada tempat yang layak.
Dalam sejarah nya Mizan ini
didirikan pada tahun 1983 oleh tiga orang mahasiswa beserta dua orang senior
mereka. Dimulai dengan hanya menerbitkan buku – buku terjemahan karya penulis
terkemuka di luar negeri. Namun secara bertahap karakter Mizan menemukan bentuknya melalui penerbitan karya – karya keislaman
yang mewakili berbagai sudut pandang, dan di garap secara serius dan modern.
Dari hanya menerbitkan 30 buku pada tahun pertamanya, namun perlahan namun
pasti akhirnya Mizan mulai bisa menjual lebih dari 600 judul buku per tahunnya
dan sukses juga menghasilkan karya – karya best seller.
2.
Bidang
garapan Mizan
a.
Percetakan
b.
Distribusi
c.
Media
baru
d.
Mizan
Store
e.
Mizan
Applications Publisher.
f.
Mizan
Mobile
3.
Peta Kunjungan Mizan
a.
Bagian
penerimaan
Pada bagian ini
ada teller khusus yang menerima beberapa naskah para penulis yang akan di cetak
dan di terbitkan. Kemudian pada bagiaan dalam ada aula tempat saya menerima
materi dari pa cecep selaku editor di Mizan Cinambo. Beliau ini adalah
penerjemah buku – nuku dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia, karena beliau
merupakan lulusan UPI jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Maka tidak heran jika
memang beliau di tempatkan di bagian penerjemah buku Arab.
b.
Bagian
Percetakan
Setelah dari
bagian penerimaan, kemudian ada bagian percetakan buku Mizan yang telah di edit
dan di desain dengan sangat cantik dan rapih. Pada bagian ini ada mesin khusus
yang mencetak secara rapih jadi tidak usah di rapihkan dengan tangan manusia,
melainkan sudah otomatis tercetak dan bisa langsung di distribusikan. Namun
sebelum di distribusikan ada tahap yaitu pengecekan kelayakan buku. Maksudnya
di cek apakah ada buku yang gagal atau tidak. Jika tidak maka hasil yang telah
di cetak dapat di distribusikan kepada para penikmat bacaan Mizan.
c.
Bagian
Penjualan
Dan yang
terakhir ada Mizan Store, tujuannya agar para penikmat bacaan Mizan tidak harus
jauh – jauh ke took buku yang lain. Tetapi sudah bisa langsung datgang saja ke
PT. Mizan Pustaka untuk membeli beberapa buku yang di kira masih menarik untuk
di baca.
BAB III
PENUTUP
Demikianlah
laporan saya dalam masa kunjungan ke PT. MIzan Pustaka. Semoga laporan ini
menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi semua pihak. Untuk kelancaran dan
kesempurnaan laporan ini masih di perlukannya kritik membangun dari para
pembaca. Sekian dan terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar