Minggu, 07 Januari 2018

Laporan Kunjungan Mizan


Laporan kunjungan ke Penerbit Mizan
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Kunjungan
sebagai suatu jurusan yang berlandaskan Komunikasi dan Dakwah, diharapkan semua lulusan KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) mampu memberikan kontribusi khususnya dalam ranah KPI yang kedua yaitu Kitabah. Dengan demikian, kami para mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam setidaknya di tuntut untuk banyak menghasilkan suatu karya yang dapat bersaing dengan pasar industri percetakan atau penerbit.
Maka untuk membantu kami dalam mencari bagaimana gambaran di suatu penerbit itu dari mulai penerimaan buku, kemudian di seleksi, selanjutnya di cetak dan di distribusikan kami mengunjungi salah satu penerbit yang cukup terkenal dengan beberapa karya nya yaitu PT. MIzan Pustaka.  Dengan mengunjungi PT. Mizan Pustaka di harapkan akan membantu dalam mencari gambaran utuh terkait dengan industri penerbitan.
Dalam tugas kunjungan yang di berikan oleh mata kuliah Jurnalisme Dakwah ini. Diharapkan dapat menjelaskan bagaimana keadaan penerbit itu, dari mulai editor sampai kepada pendistribusian. Maka dengan ini saya harapkan penyajian pembahasan selanjutnya dapat sesuai dengan apa yang di harapkan.
B.     Tujuan Kunjungan
1.      Memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan mahasiswi untuk dapat mengetahui keadaan penerbit.
2.      Memperluas pengetahuan tentang tata cara menulis yang baik dan benar.
3.      Mempeluas relasi dengan pihak di luar kampus.
Adapun tujuan dibuatnya laporan ini, untuk memenuhi salah satu tugas akhir mata kuiiah Jurnalisme Dakwah, serta sebagai suatu bukti bahwa saya telah mengunjungi salah satu penerbit PT. MIzan Pustaka ini.




BAB II
HASIL KUNJUNGAN
A.    Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan kunjungan yang kami lakukan ke PT. Mizan Pustaka yang betempat di Jl. Cinambo No. 135, Cisaranten Wetan, Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat. Kemudian waktu kunjungan ini bertepatan pada hari kamis, tanggal 14 Desember 2017 Pukul 10:00 WIB pagi sampai dengan selesai.
B.     Hasil Kunjungan
1.      Profil dan Sejarah PT. Mizan Pustaka
Mizan Pustaka merupakan bagian dari Mizan Publika Group, salah satu penerbitan terbesar di Indonesia. Awal kemunculannya Mizan hanya menerbitkan karya para pemikir terkemuka, namun sekarang Mizan sudah mulai bermetamorfosa menjadi sebuah penerbit yang berbasis luas dengan menerbitkan beberapa genre tuilisan seperti fiksi, kesehatan, buku bisnis, buku anak – anak, referensi, agama dan non-fiksi popular.
Mizan Pustaka memilki reputasi dalam keunggulan kulaitas produk serta komitmen pada pelayanannya. Dengan keahlian editorial dan standar desain yang cukup tinggi membuat hasil terbitan  buku Mizan ini menjadi suatu yang berharga dan terbaik. Berbagai buku telah di terbitkan secara teratur dan memenangkan pengahargaan dari Assosiasi Penerbit Buku Indonesia. Kemudian banyaknya penuiis dari Mizan yang menempatkan Mizan pada tempat yang layak.
Dalam sejarah nya Mizan ini didirikan pada tahun 1983 oleh tiga orang mahasiswa beserta dua orang senior mereka. Dimulai dengan hanya menerbitkan buku – buku terjemahan karya penulis terkemuka di luar negeri. Namun secara bertahap karakter Mizan menemukan  bentuknya melalui penerbitan karya – karya keislaman yang mewakili berbagai sudut pandang, dan di garap secara serius dan modern. Dari hanya menerbitkan 30 buku pada tahun pertamanya, namun perlahan namun pasti akhirnya Mizan mulai bisa menjual lebih dari 600 judul buku per tahunnya dan sukses juga menghasilkan karya – karya best seller.
2.      Bidang garapan Mizan
a.       Percetakan
b.      Distribusi
c.       Media baru
d.      Mizan Store
e.       Mizan Applications Publisher.
f.       Mizan Mobile


3.      Peta Kunjungan Mizan
a.       Bagian penerimaan
Pada bagian ini ada teller khusus yang menerima beberapa naskah para penulis yang akan di cetak dan di terbitkan. Kemudian pada bagiaan dalam ada aula tempat saya menerima materi dari pa cecep selaku editor di Mizan Cinambo. Beliau ini adalah penerjemah buku – nuku dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia, karena beliau merupakan lulusan UPI jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Maka tidak heran jika memang beliau di tempatkan di bagian penerjemah buku Arab.
b.      Bagian Percetakan
Setelah dari bagian penerimaan, kemudian ada bagian percetakan buku Mizan yang telah di edit dan di desain dengan sangat cantik dan rapih. Pada bagian ini ada mesin khusus yang mencetak secara rapih jadi tidak usah di rapihkan dengan tangan manusia, melainkan sudah otomatis tercetak dan bisa langsung di distribusikan. Namun sebelum di distribusikan ada tahap yaitu pengecekan kelayakan buku. Maksudnya di cek apakah ada buku yang gagal atau tidak. Jika tidak maka hasil yang telah di cetak dapat di distribusikan kepada para penikmat bacaan Mizan.



c.       Bagian Penjualan
Dan yang terakhir ada Mizan Store, tujuannya agar para penikmat bacaan Mizan tidak harus jauh – jauh ke took buku yang lain. Tetapi sudah bisa langsung datgang saja ke PT. Mizan Pustaka untuk membeli beberapa buku yang di kira masih menarik untuk di baca.

BAB III
PENUTUP
Demikianlah laporan saya dalam masa kunjungan ke PT. MIzan Pustaka. Semoga laporan ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi semua pihak. Untuk kelancaran dan kesempurnaan laporan ini masih di perlukannya kritik membangun dari para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Berdirinya Mesjid Ath - Thayyibah

Dok. Masjid Ath – Thayyibah Sejarah Berdirinya Mesjid Ath - Thayyibah Dakwahpos.com, Bandung- Masjid merupakan bagian yan...